We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Dibalik “Aroma” Petai

Leave a comment

foto: us.images.detik.com

foto: us.images.detik.com

Bagi sebagian orang, makan tak lengkap tanpa petai. Namun, bau petai yang khas menusuk bisa membuat orang menyingkir dari petai—dan terkadang pengonsumsinya. Terlepas dari aromanya yang kontroversial, apakah petai adalah makanan bernutrisi?

Ditilik dari segi gizi, ternyata petai memiliki muatan nutrisi yang lengkap, walaupun tidak signifikan. Petai memiliki 9% kandungan protein dan 13% kandungan karbohidrat, dengan sisanya kebanyakan berupa air (moisturize). Selain itu, petai mengandung vitamin C hingga 31,4 mg per-100 gram. Beberapa mineral yang terkandung di dalam petai diantaranya kalsium, fosfor, kalium, magnesium, dan mangan.

Di samping muatan nutrisinya, petai ternyata memiliki efek positif bagi tubuh apabila dikonsumsi secukupnya. Senyawa sulfur, tepatnya polisulfida siklik, memiliki aktivitas antibakteri yang ampuh mengatasi infeksi, terutama di ginjal dan saluran kencing. Uniknya, senyawa ini, justru adalah penyebab bau khas pada petai.

Selain itu, konsumsi petai dapat menurunkan kadar gula darah. Studi yang dilakukan di Malaysia menunjukkan, kombinasi senyawa sigmasterol dan β-sitosterol pada petai mampu menurunkan kadar gula darah ketika diujicobakan pada tikus yang diinduksi diabetes. Dalam waktu dekat, siapa tahu senyawa tersebut bisa dikembangkan untuk terapi diabetes.

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s