We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Chrysanthemum, Royal Flower

Leave a comment

 

Bunga krisan mungkin bukan bunga yang familiar di Indonesia, namun bunga ini adalah bunga yang diagung-agungkan di negara tetangga kita. Di Jepang, bunga ini dijadikan lambing kekaisaran yang masih dianut hingga sekarang. Dan di China, bunga ini sering dijadikan ramuan teh herbal. Apakah manfaat bunga krisan bagi kesehatan?

Mahkota bunga krisan yang keemasan ternyata mengandung banyak sekali antioksidan. Ekstrak dari mahkota bunga krisan mampu memerangi radikal bebas yang sering terbentuk dalam tubuh, dengan aktivitas yang lebih tinggi dari tocopherol (Vitamin E).

Selain itu, bunga krisan juga memiliki manfaat cardio-protective, yakni membantu mencegah timbulnya penyakit jantung. Aktivitas antioksidan pada air rendaman bunga krisan berperan dalam penghambatan produksi kolesterol jahat dalam tubuh dan menghindarkan tubuh dari kemungkinan terkena penyakit jantung koroner. Tidak heran, di China ada kepercayaan bahwa kelopak krisan di dasar gelas anggur dapat mendatangkan panjang umur.

Tahukah Anda, bunga krisan lebih banyak berbunga di malam dengan suhu tinggi? Selain itu, cara terbaik membuat teh bunga krisan adalah menyeduh bunga krisan kering di suhu 90-95oC. Teh yang dihasilkan akan berwarna kuning pucat dan beraroma menyegarkan. Alternatif yang menarik untuk minum teh, bukan?

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s