We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Organik, Nutrisi Tubuh dan Lingkungan

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

Dewasa ini, tren organik tengah mewabah di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Salah satu tren organic yang lagi in adalah sayuran organik. Sayuran seperti ini diklaim lebih sehat dan bernutrisi dibanding sayuran dengan metode konvensional. Sebenarnya, apa yang membuat sayuran organik istimewa?

Sayuran organic sebenarnya merupakan sayuran yang diproduksi dengan sistem pertanian organic. Sistem pertanian organic sendiri berfokus pada mempertahankan keadaan alami kebun dengan menggunakan bahan-bahan organic dan mengurangi polusi bahan kimia.Lisensi organic biasanya diperoleh dari International Federation of Organic Agricultural Movement (IFOAM).

Sayuran yang dibudidayakan secara organic biasanya memiliki kadar N yang rendah. Hal ini menandakan bahwa sayuran tersebut mendapat nutrisi tambahan dari pupuk organic, mengingat pupuk mineral sintetis terbukti meningkatkan kadar N pada sayuran. Beberapa penelitian menunjukkan, kadar N pada sayuran memiliki hubungan dengan kandungan vitamin dan mineral pada sayuran; sayuran dengan kadar nitrogen tinggi memiliki kandungan vitamin C dan total mineral yang lebih rendah.

Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, aplikasi pertanian organic juga bermanfaat bagi lingkungan. Di tanah yang ditanami dengan metode organic, terdapat lebih banyak mikroba tanah (hingga 26%) dan cacing tanah (hingga tiga kali lipat) dibanding pertanian konvensional. Bisa dibayangkan betapa suburnya tanah tersebut, bukan? Selain itu, sistem pertanian organic juga meningkatkan keanekaragaman hayati, termasuk kupu-kupu; terdapat tiga kali lipat lebih banyak jenis kupu-kupu di pertanian organic dibandingkan dengan pertanian konvensional.

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s