We, certified nutritionist, love to share about nutrition and healthy lifestyle for healthier you. Cause sharing is caring.

Nutrisi Ngeteh

Leave a comment

foto: shutterstock

foto: shutterstock

Teh adalah minuman yang umum dikonsumsi di seluruh pelosok dunia. Teh juga merupakan minuman yang diminum siapa saja, dari kalangan atas, menengah, hingga bawah. Blog Nutrisi mencoba menggali lebih dalam akan khasiat minuman dari daun Camellia sinensis ini.

Negara penghasil teh terbesar pada tahun 2006 adalah China, diikuti India. Indonesia, sendiri hanya menduduki peringkat keenam.

Teh merupakan minuman kaya polifenol yang merupakan antioksidan kuat. Keberadaan senyawa ini sangat penting untuk mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh akibat radikal bebas. Akibat buruk dari radikal bebas ini adalah penuaan dini hingga kanker.

Terdapat dua kategori teh: teh yang difermentasi dan teh yang tidak difermentasi. Teh yang difermentasi lebih dikenal sebagai teh hitam (black tea) sementara teh yang tidak difermentasi dikenal sebagai teh hijau (green tea). Walaupun zat aktifnya kemungkinan berbeda, ternyata teh hitam dan teh hijau memiliki aktivitas antioksidan yang nyaris serupa.

Selain dua macam teh tersebut, terdapat pula satu macam teh lain, yakni teh putih. Teh ini diproduksi dari daun termuda dan kuncup bunga teh, yang kemudian diuapkan lalu dikeringkan. Karena proses produksinya paling sederhana inilah, teh putih memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dibanding kedua teh lainnya.

Banyak sekali cara menyeduh teh, namun yang terbaik untuk mengekstrak antioksidan dalam teh menurut WebMD adalah selama tiga hingga lima menit4. Mengonsumsi teh dengan susu, walaupun lebih enak, tidak disarankan karena susu menurunkan kemampuan antioksidan pada teh.

Jadi, sudahkan anda ngeteh hari ini?

Advertisements

Author: Blog Nutrisi

Kami adalah sekumpulan certified nutritionist, Dan kami ingin membagikan pengetahuan mengenai cara sederhana untuk hidup sehat. Karena kami memimpikan Indonesia yang lebih sehat. Dan kami percaya, berbagi adalah satu dari ribuan cara untuk peduli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s